Soal dan Jawaban Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)


           1.Jelaskan pengertian MSDM!
   Jawab : 

MSDM adalah suatu bidang manajemen yang mempelajari hubungan dan peranan manusia dalam organisasi/perusahaan. MSDM dapat juga diartikan suatu proses pemanfaatan SDM secara efektif dan efisien melalui kegiatan perencanaan, penggerakan dan pegendalian semua nilai yang menjadi kekuatan manusia untuk mencapai tujuan. Sedangkan  menurut Barry Cushway (1994:6) MSDM didefinisikan sebagai rangkaian strategi, proses dan aktivitas yang didesain untuk menunjang tujuan perusahaan dengan cara mengintegrasikan kebutuhan perusahaan dan individu. Fokus MSDM adalah terkait dengan tenaga kerja manusia.

2.      Sebutkan dan jelaskan 3 prinsip dasar dalam menegelola SDM!
    Jawab : Pertama,. SDM adalah aset yang paling berharga dan paling penting dimiliki oleh satu organisasi/perusahaan, karena keberhasilan perusahaan sangan ditnetukan oleh unsur manusia. Manusia adalah perencana, pelaksana , dan sekaligus pengendali terwujudnya tujuan perusahaan.
   Kedua, keberhasilan itu sangat mungkin dicapai, jika kebijaksanaan prosedur dan peraturan yang berkaaitan dengan manusia dari perusahaan salinng berhubungan dan menguntungkan semua pihak yang terlibat dalam perusahaan, baik itu pihak internal maupun pihak eksternal perusahaan.
   Ketiga, budaya dan nilai perusahaan serta perilaku manajerial yang berasal dari budaya tersebut akan memberikan pengaruh besar terhadap pencapaian hasil terbaik. Oleh sebab itu, budaya perusahaan dan etos kerja harus ditegakkan secara terus-menerus oleh semua pucuk pimpinan dan jajarannya serta semua karyawan yang ada dalam perusahan.

3.      Apa tujuan MSDM?
   Jawab : Tujuan pasti dari satu organisasi/perusahaan dengan organisasi lainnya pasti bervariasi, tergantung tingkat perkembangan organisasi itu sendiri juga.  Sedangkan menurut Barry cushway tujuan MSDM adalah sebagai berikut :
1.      Memberikan saran kepada manajemen tentang kebijakan SDM guna memastikan organisasi memiliki tenaga kerja yang bermotivasi tinggi dan bberkinerja tinggi serta dilengkapi dengan saran untuk menghadapi perubahan.
2.      Memelihara dan melaksanakan kebijakan dan prosedur SDM untuk mencapai tujuan organisasi.
3.      Mengatasi krisis dan situai sulit dalam hubungan antar pegawai agar tidak adanya gangguan dalam mencapai tujuan organisasi.
4.      Menyediakan sarana komunikasi antar karyawan dengan manajemen organisasi.
5.      Membantu perkembangan arah dan strategi organisasi secara keseluruhan, dengan memperhatikan segi-segi SDM.
6.      Menyediakan bantuan dan menciptakan kondisi yang dapat membantu manajer lini dalam mencapai tujuan.

4.Sebutkan masalah/tantangan internal dan masalah eksternal MSDM!
 Masalah internal : - Karakter organisasi/perusahaan
                               - Serikat pekerja
                               - Sistem informasi
                               - Perbedaan individu karyawan dan sistem nilai
                               - Produktivitas SDM 
Tantangan eksternal sbb : - Teknologi
-    Ekonomi
-    Situasi politik dan pemerintah
-    Sosial budaya
-    Demografis dan geografis
-    Kondisi pasar tenga kerja
-    Para pesaing
-    Globalisasi
-    Perubahan-perubahan yang lain yang tidak terduga.

5.   Sebutkan dan jelaskan fungsi operasional MSDM!
1.            Pengadaan SDM (procurement) ,
adalah kegiatan memperoleh SDM yang tepat baik dari segi kuantitis maupun kualitas yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan perusahaan.
2.            Pengembangan SDM.
 Setelah karyawan diperoleh, mereka baru dikembangkan untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan dan sikap melalui program latihan dan pengembangan (training and development program) agar dapat menjalankan tugas dengan baik.
3.            Pemberian kompensasi atau balas jasa.
Fungsi balas jasa diantikan sebagai pemberian penghargaan lansung dan tidak langsung, baik dalam bentuk material maupun non materialyang adil dan layak kepada karyawan atas kontribusi mereka dalam pencapaian tujuan perusahaan.
4.            Pengintegrasian karyawan.
Fungsi pengintegrasian berusaha untuk memperoleh keamanan kepentingan individu karyawan, perusahaan dan mayarakat. Pengintegrasian ini juga berupaya meningkatkan sikap solidaritas/loyalitas sesama pekerja.
5.            Pemeliharaan karyawan.
Fungsi pemelihaharaan karyawan berkaitan degan usaha-usaha untuk mempertahankan kesinambugan dari keadaan yang telah dicapai melalui fungsi sebelumnya.contoh pemelihaan kondisi fisik karyawan adalah program K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) dan program pelayan jaminan sosial tenaga kerja.
PHK (Pemutusan Hubungan Kerja).
PHK dapat berupa pemecatan/pemberhentian secara hormat maupun secara tidak hormat. PHK secara hormat biasanya adalah karena pensiun. Sedangkan PHK secara tidak hormat biasanya terjadi karena kesalahan besar karyawan atau kurang disiplinnya SDM atau karyawan yang diterima tidak sesuai harapan perusahaan.


Referensi:
I Komang Ardana, Dkk. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Denpasar:Graha Ilmu





Komentar