APA YANG INGIN SAYA LAKUKAN SEWAKTU MUDA?



‘Salam luar biasa…Pemuda Indonesia harus berkarya”
Penulis : Afrelan Sius Silalahi – Mahasiswa jurusan Manajemen UPR angkatan 2017.
                                                                                                                                                           
Mengapa sih harus pemuda yang penulis bahas?
Baiklah teman-teman langsung saja saya mulai tulisan ini.
Bermula dari ingatan saya tentang perkataan Ir. Soekarno atau akrab disapa Bung Karno. Beliau pernah berkata “BERIKAN AKU 10 PEMUDA, MAKA AKAN KU GUNCANG DUNIA”.
Wow,hebat bukan? Amazing……
Ya. Itulah teman-teman, secara quantitas sangat sedikit, jadi bagaimana dapat mengubah dunia?
sekarang ini (2018) ratusan juta pemuda Indonesia, Berapa dan siapa saja sih yang sudah menguncang dunia?
Baiklah, kembali ke topik. Menurut pemikiran saya,  Perkataan Baung Karno sangat benar, tetapi perlu teman-teman ketahui bahwa pemuda yang dimaksud dan diingankan Bung Karno adalah “Para Pemuda Berkualitas”. Hanya pemuda berkualitaslah yang mampu menguncang dunia ini.
Jadi, apa ingin saya sampaikan kepada teman-teman dan lakukan sewaktu muda ini adalah , JADILAH PEMUDA BERKUALITAS!

Lalu, bagaiman cara jadi pemuda berkualitas? menurut penulis sendiri adalah sebagai berikut :
1.     Kerja cerdas dan bukan hanya kerja keras.
contoh: Seorang Petani, bekerja keras dengan cangkul hanya dapat menyelesaikan sedikit bidang tanah yang tergembur. Tetapi pekerja cerdas dapat menggunakan traktor yang akan langsung membajak sawah dengan cepat dan efisien.  lalu, teman-teman bertanya, jika tidak punya traktor? Ya, pakai kerbau atau sapi dengan kayu alat membajak di badannya. lalu, kalau tidak punya sapi atau kerbau? Ya, mau tidak mau belilah traktor, karena bagaimanapun juga alat tersebut akan menhhemat waktu kerja kita. Jadi, kita dapat memakai waktu kita untuk kegiatan atau pekerjaan lainnya.

2.     menabung wajib, tetapi Investasi pintar.
OKE, untuk yang nomor 2 ini, penulis mengutip perkataan pemateri saat seminar dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun 2017 di Palangka Raya. Coba kita bayangkan, jika kita tidak ada tabungan untuk masa depan, maka hal-hal yag tidak terduga susah kita lalui tanpa perecanaan tabungan diwaktu muda ini untuk masa depan kita,
hmmm.. si pemuda bertanya yang masih sekolah dan mahasiswa, “Kiriman saya sedikit bahkan makan tidak makan di kost-kosan”, Bagaima saya dapat menabung?
nah, megatasiya itu jadilah pemuda kreatif, anada masih muda, pasti bisa donk bekerja paruh waktu atau sampingan kuliah/sekolah. modalnya cuman keberanian dan mau terus belajar.contoh: kita dapat membuka les privat, jualan di warung/pasar, dll. Jadi, ingat kalau sudah punya uang, menabung itu wajib sebagai rencana atau modal di masa depan yang penuh dengan kejutan dan terkadang tanpa dugaan.
Kemudian teman-teman harus ingat juga bahwa jika anda berinvestasi itu pintar. kenapa pintar? karena kelebihan investasi lebih banyak daripada menabung. sekarang modal 100.000 anda sudah bisa jadi investor. jika anda terus belajar  anda akan bisa menjadi investor besar. Mulailah dari masa muda ini, jangan tunda lagi. coba teman-teman pikirkan, jika banyak pemuda Indonesia yang mau berinvestasi , maka pemilik perusahaan di Indonesia ini adalah kita sendiri, tidak perlu banyak masuk modal asing ke dalam negeri. Akhirnya, nanti kita yang muda ini dapat menjadi bos, di negeri kita sendiri.

3.     Terus belajar dan jangan menyerah untuk mimpi yang besar.
mulai dari lahir sampai mau meninggalnya, setiap individu selalu belajar. mulai dari belajar berbicara, belajar berjalan, belajar keahlian khusus, dan belajar apa saja yang menjadi bakat dan minatnya. Ketika teman-teman terjatuh saat mengejar mimpi  vjangan menyerah. jatuh ya harus bangkit lagi. semangat pemuda harus terus berkobar bagai nyala api yang sangat besar dan dapat menghanguskan apaun dihapannya. Anggaplah teman-teman api yang sangat besar dan siap mengalahkan apapun rintangan di depan mata kita.
4.     Berprestasi dan terus berkarya untuk negeri.
Teman-teman, jadilah pemuda yang hebat, yang harus terus memberi kontribusi untuk negeri. Jika anda punya bakat dan minat kembangkanlah dan jadikan prestasi untuk mengharumkan negeri ini. contoh: jika anda berbakat dan berminat jadi atlet lari berlatihlah terus- menerus dan hasilkanlah prestasi anda. Penulis mengambil contoh ini karena baru saja saura kita LALU MUHAMMAD ZOHRI menorehkan prestasinya di kancah internasinal, dan prestasi dia ini termasuk pemuda yang dapat menguncang dunia.  Dan masih banyak contoh lain.

Akhir kata saya adalah, marilah menjadi ratusan juta pemuda yang diingankan oleh Bung Karno bukan lagi hanya sepuluh pemuda. Kita guncang dunia, kita ubah wajah Indonesia menjadi tangguh dan perkasa di mata dunia. Selamat berjuang para pemuda. We are the next generatiaon of Indonesia. MERDEKA….


my 1st blogspot


Komentar

  1. Hahaha....gak lh bung... bisa juga di sewa traktor tetangga...atau gotong royong beberapa warga membeli satu traktor....

    BalasHapus

Posting Komentar