ANTARA PENDIDIKAN DAN KESENJANGAN SOSIAL

Benahi Perekonomian dan Pendidikan untuk Kemajuan Bangsa
“Salam luar biasa…Pemuda Indonesia harus berkarya”
Penulis : Afrelan Sius Silalahi – Mahasiswa - Manajemen UPR - BBA 117 155.
 


Ekonomi dan Pendidikan….
Baiklah teman-teman inilah topik yang saya bahas 














kali ini. saya membahas topik ini karena pada saat saya kuliah Mata Kuliah Umum (MKU) PKN, saya bertanya kepada teman saya saat kelompoknya mempresentasikan tentang kesenjangan sosial.
 Bagaimana bisa masyarakat makmur dan sejahtera jika mereka banyak yang tidak dapat merasakan dunia pendidikan?
(pemikiran saya saat bertanya itu adalah pendidikan adalah kunci utama untuk meraih kesejahteraan masyarakat ).
 Melalui media pendidikan, setiap manusia dapat belajar mengetahui (learning to know) itulah saat kita diajarkan tentang teori, belajar untuk melakukan sesuatu (learning to do) itulah saat praktek lapangan, belajar untuk menjadi sesuatu/seseorang (learning to be) itulah saat kita belajar untuk memiliki cita-cita mau jadi apa nantinya, dan belajar untuk hidup bermasyarakat( learning to live together) itulah saat kita harus saling berkomunikasi satu sama lain, baik itu siswa ke sesama siswa maupun siswa kepada guru dan sebaliknya dan belajar saling menghargai perbedaan pendapat saat ada diskusi dikelas.

Kemudian, kembali kepada jawaban teman saya (Friska) atas pertanyaan saya sebelumnya, dia berpendapat bahwa masyarakat sebenarnya tidak dapat merasakan dunia pendidikan karena perekonomian masyarakatnya yang susah dan terpuruk. Pendidikan yang baik itu membutuhkan biaya yang besar sedangkan kita tahu perekonomian masyarakat Indonesia itu masih berkembang atau belum maju, maka untuk mendapatkan pendidikan yang  baik mereka mereka sangat susah. Maka, penyebab kesejangan sosial itu dia simpulkan adalah karena perekonomian yang belum maju jadi menempuh dunia pendidikan ynag berkualitaspun sangat susah untuk memperbaiki kesejangan sosial tadi.

Akhirnya, Dosen kami yang mengampu mata kuliah PKN (Yorgen Kaharap, M.Si) menyatakan pendapat para mahasiswa sangat benar. Itulah sebenarnya yang sekarang menimpa bangsa ini, pendidikan dan perekonomian adalah dua hal yang paling utama harus dibenahi pemerintah. Perekonomian dan Pendidikan akan berjalan berbarangan/bersama karena jika pendikan sudah dapat ditempuh dengan baik perekonomianpun mulai dapat diperbaikai dan sebaliknya, jika perekonomiannya juga baik pendidikan yang berkualitaspun dapat kita tempuh.  Jadi, dengan terbenahinya dunia perekonian dan pendidikan bangsa ini, niscaya bangsa kita akan bisa menjadi Negara yang maju.

the 2nd essay….by Afrelan Sius Silalahi

Komentar