Jurusan IPS yang sering dipilih anak IPA

1. Manajemen Bisnis
Manajemen adalah ilmu yang berbicara tentang mengatur, menyusun, mengelola, memimpin, dan membuat seseorang mampu mengelola SDM lainnya agar dapat bekerja mencapai tujuan organisasi/perusahaan. Mengapa ini banyak diminati anak IPA, karena orientasi jurusannya lebih menyiapkan seseorang agar jadi pemimpin atau manajer perusahaan atau jadi pebisnis.
Target pekerjaan : pebisnis, manajer, wiraswasta, konsultan bisnis, Analis keuangan, dll.

2. Hukum
Hukum menjadi salah satu jurusan bergengsi di IPS, dan menjadi pilihan bagi beberapa anak IPA. Hal ini karena banyak kasus yang terjadi di Indoensia bahkan dunia, yang pastinya berkaitan dengan dunia hukum. Kasus di masa lalu pun hingga kini masih banyak yang masih jadi misteri. Sehingga banyak anak-anak hukum yang mencoba menggali lagi kasus masa lalu Indonesia. Contoh: Kasus pembunuhan munir, Penghilangan aktivis di masa Orba, dst. 
Target pekerjaan : Pengacara, Jaksa, Konsultan hukum, Politikus, dll.

3. Bahasa dan sastra Inggris
Memang bahasa Inggris sama-sama dipelajari di sekolah, namun pada saat pemilihan jurusan B. Inggris di tempatnya khusus bagi jurusan IPS. Jurusan IPA tetap bisa memilihnya dengan jalur ujian saringan masuk  paket IPC (Ilmu Pengetahuan Campuran). Jurusan ini tinggi peminat karena rata-rata pemikiran mereka ingin keliling dunia, dengan menguasai bahasa ini, sudah dapat berkomunikasi di negara manapun. Karena bahasa Inggris adalah adalah utama internasional dan diikuti bahasa mandarin.
Target pekerjaan : Penerjemah bahasa Inggris, guru bahasa Inggris, dst.

4. Hubungan Internasional (HI)
HI menjadi jurusan jurusan terfavorit pada Fakultas Ilmu Politik. Contoh di Universitas Padjajaran HI menjadi jurusan terbanyak yang dipilih calon mahasiswa di fakultas tersebut. HI menjadi sangat bergengsi karena alasannya hampir sama dengan alasan poin nomor 3 di atas. Biasanya ingin keliling dunia, ingin bekerja di kedutaan RI untuk negara lain. dst.
Target pekerjaan : Duta RI untuk negara lain, Politikus, dst.

Buat kamu pelajar anak IPS tetap semangat. Jadikan hal ini motivasi jika kamu memang ingin memilih salah satu jurusan yang ada di atas. Dalam dunia kampus, orang tidak akan peduli lagi kamu berasal dari jurusan apa waktu SMA, karena tidak ada pembeda di antara kalian semua. 

Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman saya saat kuliah dan berdiskusi dengan teman-teman mahasiswa lainnya. begitulah gambarannya.
Sekian dan terima kasih. Semoga bermanfaat.



Komentar

  1. karena sebenarnya yg milih jurusan IPA saat SMA karena gengsi, entah itu gengsi ortu, gengsi sama teman-teman, dll. Padahal banyak juga anak IPA yang gak suka pelajaran IPA dan otaknya gak nyampe untuk pelajaran2 itu.

    Salah satunya aku, demi tidak membuat ortu kecewa akhirnya memilih jurusan IPA.

    BalasHapus
  2. Betul kak. Dulu saya kurikulum 2013
    Awal sekolah sudah punya jurusan dari kelas 1.
    Saya sempat masuk IPA 1 tahun.

    Pindah jurusan ke IPS waktu kelas 2, karena saya tidak suka pelajaran IPA dan saya suka mempelajari masalah kemasyarakatan,Geografi, ekonomi, hukum,dst (arahnya ke IPS).

    BalasHapus

Posting Komentar