Apa itu budaya Organisasi dan Bagian-bagiannya?

Soal
  1. Apa itu Budaya Organisasi?
  2. Apa saja bagian-bagian dari budaya organisasi? (sebutkan mengutip pendapat siapa?
Jawaban:
  1. Budaya organisasi adalah kebiasaan umum  yang ada pada sebuah organisasi dan dianggap baik untuyk mencapai tujuan organisasi sehingga dijadikan pedoman organisasi tersebut. Budaya organisasi ada yang tertulis dan ada yang tidak tertulis. Yang tertulis ini pada umunya terdapat dalam SOP (standar Operasional Prosedur) kerja, atau peraturan yang baku dan harus diterapkan oleh semua annggota organisasi. Budaya tersebut dapat juga disebut norma perilaku dan nilai-nilai yang dipahami dan diterima oleh semua anggota organisasi dan digunakan sebagai dasar dalam aturan perilaku dalam organisasi tersebut.

  1. Bagian-bagian budaya organisasi
Ada nilai-nilai yang jadi pedoman kerja menurut  Susanto budaya organisasi adalah nilai-nilai yang menjadi pedoman bagi pegawai (SDM) untuk menghadapi permasalahan eksternal dan usaha penyesuaian integrasi ke dalam organisasi, dengan begitu masing-masing anggota organisasi wajib memahami nilai-nilai yang ada dan sebagaimana mereka harus bertingkah laku atau berperilaku
Ada anggota Organisai/SDM Menurut Robbins budaya organisasi meupakan sistem makna bersama yang dianut oleh masing-masing anggota yang membedakan sebuah organisasi dengan organisasi yang lain. Hal ini mirip dengan pemikiran ahli Gareth R. Jones Yang menyatakan budaya organisasi memilki persepsi bersama yang dianut.
Memilki struktur jabatan. Menurut penulis setiap organisasi pasti memilki struktur jabatan agar ada garis komando maupun koordinasi baik dari atas ke bawah amaupun dari bawah ke atas serta koordinasi sesama staff/bidang atau tim lainnya.
Memilki SDM/pegawai. Setiap organisasi pasti memiliki staf/pegawai dalam menjapnkan roda organisasinya. bahkan teorinya SDM adalah aset paling berharga dari sebuah perusahaan, karena tanpa mereka maka perusahaan/orgabisasi pasti akan mati.

Komentar