ARTI PEMIMPIN & KEPEMIMPINAN


Kali ini penulis, berbagi  pengetahuan tentang apa itu  pemimpin dan kepemimpin, tugas pemimpin, ciri-ciri seorang pemimpin, dan yang terpenting itu bagaimana menjadi pemimipin sejati artinya bukan asal jadi pemimpin.

Kenapa penulis berbagi ilmu  tentang ini, karena setiap orang dalam hidupnya pasti akan pernah  menjadi pemimpin. Jika laki-laki minimal jadi pemimpin rumah tangga dan perempuan minimal jadi pemimpin anak-anaknya. Dan tidak semua orang dapat memimpin bagaimana layaknya seorang pemimpin. Oleh sebab itu, agar sukses jadi pemimpin maka sebaiknya penuhilah ciri-ciri seorang pemimipin dan bagaimana menjadi seorang pemimipin sejati berikut ini.

Dalam bahasa Indonesia  pemimpin” sering disebut penghulu, pemuka, pelopor, pembina, panutan, pembimbing, pengurus, penggerak, ketua, kepala, penuntun, raja, tua-tua dan sebagainya. Sedangkan istilah memimpin digunakan dalam konteks hasil penggunaan peran seseorang berkaitan dengan kemampuannya mempengaruhi orang lain dengan berbagai cara. Jadi, Seorang pemimpin harus dapat mempegaruhi orang lain untuk mencapai tujuan tertentu.
Untuk istilah kepemimpinan  pada dasarnya berhubungan dengan keterampilan, kecakapan, dan tingkat pengaruh yang dimiliki seseorang. Namun, tidak jarang juga kepemimpinan itu dimiliki oleh orang yang tidak memiliki kecakapan dalam “memimpin”. Hal ini bisa terjadi karena kesalahan sistem dalam memilih pemimipin atau alasan lainnya. Oleh sebab itu, terkadang tujuan bersama yang telah dibuat bisa tidak tercapai akibat ketidakcakapan si pemimpin.
Pemimpin dalam bahasa inggris disebut “leader”, yang memiliki tugas untuk me;-lead anggota disekitarnya. Sedangkan makna lead:
loyalty    : pemimpin harus mampu membangkitkan kesetiaan rekan kerjanya dan memberikan kesetiaan dalam kebaikan.
Educate     : Pemimpin harus mampu mengedukasi rekan-rekannya dan mewariskanya ke anggota-anggotanya.
Advise      : memberikan saran dan nasehat dari permasalahan yang ada.
Discipline :  memberikan keteladanan dalam setiap aktivitasnya.

Tugas Pemimpin
Menurut James A.F Stonen, tugas utama seorang pemimpin adalah:
1.      Pemimpin bekerja dengan orang lain
2.      Pemimpin adalah tanggung jawab dan mempertanggungjawabkan (akuntabilitas)
3.      Pemimpin menyeimbangkan pencapaian tujuan dan prioritas
4.      Pemimpin harus berpikir analitis dan konseptual
5.      Pemimpin adalah forcing mediator atau harus dapat menjadi mediator (penengah)
6.      Pemimpin adalah politisi dan diplomat.
7.      Pemimpin membuat keputusan yang sulit atau harus dapat memecahkan masalah.
Melihat tugas pemimpin menurut ahli  James A.F Stonen tersebut lumayan banyak dan pasti melelahkan bukan?
Menurut  penulis, ya... melelahkan…
 Tapi jika kalian sudah menyatakan diri siap jadi pemimpin, maka harus mampu melaksanakan tugas tersebut, agar tujuan organisasi /perusahaan kita dapat tercapai dengan sukses.
Ketika suatu tujuan awal organisasi/perusahaan tidak tercapai, pada umumnya pemimpinnyalah yang dinyatakan salah atau  tidak mampu memimpim. Contoh, perusahaan X tidak ada perkembangan, atau suatu organisasi diam ditempat/tidak ada kemajuan dari kepemimpinan sebelumnya.  Jadi, jika ingin jadi pemimpin harus bisa sadar arti pentingnyatanggung jawab anda sebagai pemimpin, seperti tulisan penulis sebelumnya.

Kriteria (ciri-ciri) pemimpim….
Pengaruh       : seorang pemimpin adalah seorang yang memiliki orang-orang yang mendukungnya yang turut membesarkan nama sang pimpinan. Pengaruh ini menjadikan sang pemimpin mau diikuti dan membuat orang lain mau menuruti pemimpin. John C. Maxwell, dalam buku kepemimpinannya berkata: Leadership is influence (kepemimpinan adalah soal pengaruh).
Kekuasaan     : seorang pemimpin pasti memiliki pendukung. Keberadaan pendukung inilah  yang menyebabkan dia memiliki kekuasaan terhadap orang yang menghargai/mendukungnya.
Wewenang     : Setiap pemimpin pasti memiliki hak untuk membuat suatu kebijakan. Wewenang ini dapat dialihkan kepada bawahannnya yang dipercayakan pemimpin bahwa anggotanya mampu menyelesaikan tugas tersebut dengan baik dan tanpa harus ada campur tangan pemimipin.
Pengikut         :  Tanpa ada pengikut/anggota tidak akan mungkin ada seorang pemimpin. Maka kedua hal ini tidak dapat dipisahkan dan saling berdiri sendiri.

Pemimpin Sejati….
4 kriteria Pemimpin sejati, sebagai berikut :
Visioner, Punya tujuan pasti dan jelas serta tahu kemana akan membawa para anggota/pengikutnya. Sama seperti setiap orang harus punya tujuan hidup. Tujuan hidup itu akan berubah jadi poros hidup, sehingga dia dapat melangkah dengan pasti. Jadi, pemimpin sejati harus dapat memberikan gambaran arah tujuan organisasinya dan cara-cara mencapai tujuan tersebut.
Sukses bersama, membawa sebanyak mungkin pengikutnya untuk sukses bersamanya. Seorang pemimpin tidak boleh hanya mementingkan keuntungan pribadi dengan menjadi pemimpin organisasinya, agar anggotanya tetap mau diajak untuk bekerja sama.
Mau terus menerus belajar dan diajar (teachable and learn continuous) , Seorang pemimpin akan terus belajar baik dari bawahan, pengalaman sendiri maupun pengalaman orang lain. Karena ilmu itu tidak terbatas dan akan selalu ada ilmu yang baru.  Pemimpin juga perlu memperlengkapi diri dengan buku-buku yang bermutu untuk meningkatkan keterampilan kepemimpinannya.
Mempersiapkan calon-calon pemimpin masa depan, pemimpin sejati bukanlah orang yang hanya menikmati dan melaksanakan kepemimpinanya seorang diri. Karena estafet kepemimpinan pasti akan terjadi dan perlu disiapkan keterampilan memimpin bagi generasi berikutnya. Pemimpin sejati dapat dikatakan sukses, jika dia mampu menelorkan pemimpin-pemimpin berkualitas lainnya.

Referensi :
Bidang kemahasiswaaan dan alumni UPR. 2017. Term of  Reference (TOR) Kegiatan pendidikan karakter bagi mahasiswa universitas palangka raya

Komentar