Saturday, July 27, 2019

MEMAHAMI MAKNA HARI KARTINI MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER


BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
21 April adalah peringatan hari Kartini. Peringatan tersebut mengajak kita melihat sejarah, bagaimana seorang Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan khususnya dibidang pendidikan. Kartini berpandangan bahwa Pendidikan adalah jalan yang tepat untuk mengubah nasib perempuan yang harus dianggap lemah karena tidak mengetahui ilmu pengetahuan.
Pada abad yang lalu diskriminasi wanita adalah hal biasa, yang kadang-kadang lebih hebat dari diskriminasi rasial. Ada kalangan yang mengasingkan apakah perempuan itu benar-benar manusia; ada yang menganggapnya makhluk yang lebih rendah atau mata rantai antara antropoid dan manusia. Max Fungke menganggap perempuan setengah manusia (Montagu, 1945, 1956), dan pihak lain ada yang menganggap perempuan hanya bertugas untuk bersalin dan bersalin pakaian, atau menjahit dan memakai baju.
Di Indonesia pandangan terhadap perempuan adalah sosok yang lebih lemah dari laki-laki sudah terjadi sejak zaman penjajahan dahulu. Hal ini dapat dilihat dari kebijakan yang dibuat oleh penjajah seperti perempuan dilarang bersekolah. Kemudian para suami pribumi tidak memperbolehkan istri mereka keluar, karena perempuan dianggap milik mereka seutuhnya dan bebas diatur bagaimana saja.
Pemikiran yang menganggap perempuan adalah sosok yang lemah masih banyak dijumpai sampai abad 21 ini. Dapat dilihat dari cara berpandangan masyarakat yang menyatakan lebih baik jika hidup perempuan dirumah harus menjadi pengurus rumah, dapur, dan kasur. Jika menjadi wanita karier harus juga menjadi Ibu Rumah Tangga (IRT). Pandangan-pandangan seperti ini yang perlu diperjuangakan bersama untuk mencapai kesetaraan gender. Karena pada dasarnya laki-laki dan perempuan diciptakan sepadan oleh Tuhan Yang Maha Esa.
Kartini adalah pejuang kaumnya (perempuan) di Indonesia. Berjuang untuk menghapus sistem lama yang buruk dan menghapus anggapan perempuan adalah manusia yang lemah. Perjuangan Kartinimenegaskan bahwa pendidikan itu hak semua gender. Jika perempuan telah terdidik, maka antara laki-laki dan perempuan tercapai yang namanya kesetaraan. Berbagai uraian tersebutlah yang membuat penulis tertarik untuk memilih judul “Memahami Makna Hari Kartini melalui Pendidikan Karakter” ini.





1.2  Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penelitian ini antara lain:
A.    Mengetahui makna sejati dari hari Kartini.
B.     Mengetahui kondisi dan peranan perempuan pra kemerdekaan dan pasca kemerdekaan.
C.     Mengetahui makna pemimpin perempuan dan pahlawan perempuan.
D.    Mengetahui makna emansipasi perempuan dan kesetaraan gender di Indonesia saat ini.
E.     Mengetahui cara mewujudkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dan anak demi terciptanya Sustainable Development Goals (SDG)

1.3  Manfaat Penelitian
Adapun manfaat penelitian ini adalah:
A.    Bagi Penulis/Peneliti
Manfaat penelitian ini bagi penulis adalah dapat memaknai arti sejati dari Hari Kartini dan Kesetaraan Gender. Melalui tulisan ini, penulis diajak menjadi seorang yang pemikir yang tidak menganggap perempuan lemah. Tetapi antara perempuan dan laki-laki adalah sepandan serta hanya berbeda secara biologis.
B.     Bagi Masyarakat Umum
Manfaat penelitian bagi masyarakat umum adalah untuk memeperbaharui pandangan lama yang menyatakan perempuan lebih rendah dari laki-laki, perempuan setengah manusia dan berbagai pandangan buruk lainnya. Dengan semakin bertambahnya pandangan baru yang lebih baik diharapakan kesetaraan gender dapat terwujud. Sehingga perjuangan pahlawan Kartini dahulu tidak sia-sia begitu saja.



BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

2.1 Referensi Penelitian terdiri dari:
1.      Indriati, Etti. 2000. Antrapologi Biologis. Yogyakarta. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Tujuan penulis mengutip peryataan ahli tersebut adalah karena ingin menunjukkan bahwa perempuan ternyata lebih kuat dibandingkan dengan lai-laki secara biologis. Maka laki-laki dan perempuan itu adalah setara dalam segala segala bidang. Apa yang dikerjakan laki-laki dapat juga dikerjakan oleh perempuan.
2.      Sudibyo, Lies dan Titik Sudiatmi. 2013. Ilmu Sosial Budaya Dasar. Yogyakarta. CV Andi Offset.
Tujuan penulis mengutip peryataan para ahli tersebut karena ingin menunjukkan pendidikan yang baik itu adalah pendidikan berkarakter dan berbudaya. Pendidikan adalah media yang tepat untuk menyadarkan semua orang tentang kesetaraan gender.
3.      Samapaty, Natasya Yosepha.2015. Strategi Pengelolaan dan Pengembangan Usaha Ekspedisi Barang Antar Pulau Pada PT. Bumi Indah Lines di Surabaya. Agora (Jurnal ilmiah daring)
Penulis mengutip peryataan ahli tentang pengertian metodologi penelitian, agar dapat dijelaskan sesui kebutuhan topik penelitian ini.




BAB III
METODE PENELITIAN
Dalam jurnal ilmiah (Natasya Yosepha Samapaty:2015 mengutip pendapat Masyuri dan Zainuddin, 2011, P.40-41) tentang metodologi penelitian.Metode penelitian kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang bermaksud untuk membuat gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat dari populasi tertentu, yang bertujuan menemukan fenomena-fenomena yang ditelititi kemudian menjelaskan dengan membuat deskripsi
Teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan dengan mengutip dan mengembangkan teori-teori yang relevan dengan topik pendidikan karakter dan hubungannya dengan cita-cita Kartini untuk mencapai kesetaraan gender.
           


BAB IV
PEMBAHASAN
4.1 Makna Sejati Hari Kartini
Hari Kartini adalah hari kemerdekaan perempuan dari diskriminasi. Perempuan yang sebelumnya dianggap lemah bahkan dianggap tidak sepenuhnya manusia dapat dibantah. Perempuan memiliki hak yang sama dengan laki-laki. Maka apa pun yang dapat dilakukan laki-laki dapat dilakukan oleh perempuan, kecuali secara kodratnya. Sehingga melalui momentum ini, perempuan jangan takut untuk menempuh pendidikan setinggi-tingginya, agar dapat meningkatkan peluang  karier yang baik.
Diskriminasi posititif terhadap wanita mungkin karema adat kita sendiri ataupun tradisi Eropa, misalnya galanteri Victoria. Laki-laki ringan menolong wanita, misalnya mengangkat barang, memnukakan pintu, memberi tempat duduk dikendaraan umum, memberi jalan dan sebagainya. Di Barata hal ini sudah banyak yang ditinggalkan. Ikut sertanya wanita dalam pekerjaan bangunan, pembersihan jalan dan sebagainya tidak dianggap sebagai hal yang terpuji. (Indriati, Etty;2000)
Sekarang dunia sudah memberikan kebebasan terhadap perempuan. Perempuan bebas memilih apapun yang merekasuka. Hal ini adalah dengan cita-cita Kartini, bagaimana laki-laki dan perempuan itu dapat sepadan. Jadi, mari memaknai hari Kartini dengan tidak mendiskriminasi gender apapun disemua bidang.
4.2 kondisi dan peranan perempuan pra kemerdekaan dan pasca kemerdekaan.
4.2.1 Masa Pra Kemerdekaan
Perempuan pada masa pra kemerdekaan menjadi manusia yang dianggap lemah. Karena kerjanya hanya di dapur, kamar dan kasur, serta milik laki-laki seutuhnya. Perempuan tidak diberikan kebebasan untuk bersekolah, sehingga pengetahuan mereka pun tidak berkembang.
Kartini adalah perempuan yang berasal dari keluarga yang dihormati di daerahnya. Keluarganya juga tergolong orang kaya, walaupun masih masa penjajahan Belanda. Sehingga Kartini memiliki hak istimewa dan dia dapat bersekolah dengan anak-anak Belanda dan anak-anak pejabat lainnya.
Melihat Keadaan kaumnya di negerinya sendirinya, Kartini menjadi kasihan dan ingin memperjuangkan hak-hak perempuan pribumi lainnya. Pendidikan itu hak semua gender.  Dan melalui pendidikan pula nasib perempuan dahulu dapat berubah dan menjadi sama pengetahuannyaa dengan laki-laki.
Kartini pun membuka sekolah khusus bagi perempuan pribumi. Sekolah selain untuk menambah ilmu pengetahuan, sekolah juga merupakan tempat untuk mengubah karakter dan pemikiran untuk jadi lebih beradab. Perjuangan Kartini tersebutlah yang membuatnya terkenal, yang disebut dengan emansipasi wanita. Jadi, banyak perempuan yang ada di lingkungannya mengenal dunia pendidikan.
4.2.2 Masa Pasca Kemerdekaan
Perempuan setelah masa kemerdekaan masih mengalami diskriminasi, walapun tidak sekuat pada masa pra kemerdekaan Indonesia. Dapat dilihat dari Masa Orde baru dimana ada gerakan demo besar-besaran yang menggulingkan rezim Soeharto, dan banyak perempuan ikut didalamnya. Laki-laki dan perempuan sama-sama berjuang dan sama-sama dapat bersekolah.
Eksistensi perempuan mulai tampak kembali pada masa reformasi  ketika lahir pemimpin perempuan pertama Indonesia yaitu Ibu Megawati Soekarno Putri. Beliau dapat berperan menjadi presiden RI, yang menjadi inspirasi utama perempuan-perempuan Indonesia, bahwa kesetaraan gender itu dapat terwujud. Beliau membuktikan bahwa perempuan dapat mengurus negeri yang sangat luas ini.
4.3 Makna Pemimpin Perempuan dan Pahlawan Perempuan
            Makna pemimpin perempuan artinya perempuan sudah dapat bertanggung jawab menjadi atasan atau  yang mengatur apa yang dia pimpin. Contoh perempuan menjadi bupati artinya dia bertanggung jawab menyatakan dirinya siap mengatur dan membawa perubahan baik terhadap kabupatennya. Dalam arti lebih luas, perempuan sudah tidak ada lagi sekat-sekat yang dapat membatasinya ingin menjadi seperti mereka.
            Pahlawan perempuan, artinya yang menjadi pembela bangsa dari penjajahan tidak hanya laki-laki. Ada perempuan yang berjaung didalamnya. Ada Kartini yang berani mendirikan sekolah terhadap perempuan tanpa takut ditangkap oleh Belanda. Ada juga perempuan berani angkat senjata dan bambu runcing untuk mengusir penjajah, dan banyak lahir pahlawan perempuan untuk membela kepentingan Negara Indonesia untuk merdeka.
            Dalam sejarah perjuangan Indonesia banyak perempuan andil besar dalam memerdekakan bangsa ini. Maka jangan pernah ada pemikiran lagi yang menganggap perempuan itu lemah, bahkan perempuan hanya seengah manusia.
4.4 Makna Emansipasi Perempuan dan Kesetaraan Gender di Indonesia.
            Emansipasi artinya pembebasan dari perbudakan. Perempuan yang dahulu hanya dianggap sebagi budak laki-laki, kini dapat menjadi sepadan. Perempuan membuktikan bahwa mereka juga memiliki pengetahuan dan mampu menjadi pemimpin. Maka, dengan adanya emansipasi perempuan ini, semua bidang pekerjaan dapat dicapai oleh semua gender.
            Kesetaraan gender artinya laki-laki dan perempuan itu sederajat. Diciptakan bukan untuk saling menguasai, tetapi untuk saling melengkapi. Jadi, tidak ada pekerjaan laki-laki yang tidak dapat dikerjakan perempuan. Dan tidak ada pekerjaan perempuan yang tidak dapat dikerjakan oleh laki-laki.
4.5 Cara Mewujudkan Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan dan Anak
            Adapun tujuan kesetaraan gender dan perempuan dan ini adalah terciptanya pembagunan SDM Indonesia yang berkelajutan. Cara-cara yang mewujudkan ini dimulai dari dalam diri sendiri. Memulai dengan berani mengambil tanggung kecil seperti menjadi ketua kelas, berani menyampaikan pendapat di depan banyak orang. Sehingga nantinya dapat melakukan tanggung jawab atau pekerjaan-pekerjaan besar.
Perempuan dan anak sejak kecil harus mendapatkan pendidikan karakter. Melalui pendidikan karakter ini perempuan  dan anak dapat memahami bahwa semua gender adalah sepadan. Dengan pemahaman ini, maka tidak akan ada keinginan untuk menguasi atau mengeksploitasi. Dengan pendidikan karakter juga akan dibentuk karakter penerus bangsa ini, bahwa gender bukanlah pembatas untuk mencapai sesuatu.


  
BAB V
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Adapun kesimpulan penelitian ini adalah :
A.    Hari Kartini merupakan hari kemerdekaan perempuan dari diskriminasi. Perempuan yang sebelumnya dianggap lemah bahkan dianggap tidak sepenuhnya manusia dapat dibantah. Sehingga, perempuan jangan takut untuk menempuh pendidikan setinggi-tingginya, agar dapat meningkatkan peluang  karier yang baik.
B.     Kondisi dan peranan perempuan dari setiap masa mengalami perubahan ke arah yang lebih baik. Mulai dari masa perbudakan berubah menjadi emansipasi perempuan dan sekarang terciptlah kesetaraan gender.
C.     Pemimipin dan pahlawan perempuan adalah bukti nyata utama, bahwa perempuan dapat berkarya dan bertanggung jawab. Maka dengan adanya pemimpin dan pahlawan perempuan, harus dijadikan inspirasi agar perempuan semakin percaya diri, dan berusaha mencapai cita-cita yang mereka inginkan.
D.     Emansipasi perempuan adalah langkah paling tepat untuk kesetaraan gender. Sehingga tidak boleh ada pembatas antara perempuan dan laki-laki untuk terus berkarya.
E.     Cara mewujudkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dan anak harus dimulai sejak kecil. Pendidikan karakter adalah jalan tepat untuk mewujudkan tanggung jawab semua gender agar tercipta pembagunan SDM Indonesia yang berkelanjutan. Dan semua ini harus dimulai dari diri sendriri dengan berani mengambil tanggung jawab seperti menjadi ketua kelas, koordinator kegiatan, dan lain sebaagainya.



5.2 Saran
            Adapun saran penulis bagi pembaca adalah implementasikanlah apa yang sudah diuraikan diatas. Jika wacana tersebut tidak diimplemestasikan, maka tidak ada maknanya penelitian dibuat.  Dan akhirnya kritik dan sarannya dari pembaca pun saya terima demi perbaikan tulisan penulis berikutnya.
            Jika yang penulis uraiakan diatas adalah benar, itu semata-mata hanyalah anugerah dari Tuhan yang saya terima. Tetapi jika yang diuraikan penulis diatas ada yang yang salah, itu akibat keterbatasan saya sebagai manusia, maka penulis memohon maaf bagi pembaca. Karena kesempurnaan sejati hanyalah milik Tuhan Yang Maha Esa. Terima Kasih




Daftar Pustaka
Indriati, Etti. 2000. Antrapologi Biologis. Yogyakarta. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional..
Sudibyo, Lies dan Titik Sudiatmi. 2013.  Ilmu Sosial Budaya Dasar. Yogyakarta. CV Andi Offset
Samapaty, Natasya Yosepha. 2015. Strategi Pengelolaan dan Pengembangan Usaha Ekspedisi Barang Antar Pulau Pada PT. Bumi Indah Lines di Surabaya. Agora (Jurnal ilmiah daring)



Wednesday, March 6, 2019

Dear kekasih yang tak ku kenal….


Aku menemukanmu di kolong jembatan, kau tampak kedinginan dan kesepian serta kurang makan.
Aku ingin lebih dekat denganmu, maka kuberanikan kakiku melangkah mendekatimu. Dan ketika engkau berpaling kulihat kau bagai sesosok bidadari yang menatapku. lalu aku berkata “hai” dan kau menjawabnya halo!!..

(Sumber gambar: dokumentasi saat minum)


Ada apa gerangan, mengapa gadis sepertimu berada ditempat yang menyeramkan ini?? dia pun menjawab memang inilah tempatku, Dalam hati aku bertanya-tanya, apa maksud dibalik  perkataan gadis itu, apakah ia tak punya keluarga atau orang yang dikenalnya.

Aku membuka jaketku dan ku serahkan kepadanya agar ia merasakan hangatnya dunia ini, terimakasih serunya.
Aku duduk di sampingnya dan berbincang bincang cukup lama dengannya, karna pesona yang ia miliki aku tak peduli ia siapa dan datang dari mana, tadi malam tidur dimana, dengan siapa, ngapain aja…. yang kutahu dia begitu mempesona.

ku genggam erat tangannya, seraya berkata mari pulang bersamaku. Dia pun meggangguk tulus dan berbicara lembut , “iya aku akan ikut denganmu..”
Sambil berjalan pulang, kami berbincang-bincang banyak hal. Dan banyak orang disekitarnya merasa binggung dan menjauhiku. Tetapi aku tidak peduli, yang ku tahu aku berbicara dengan sesosok bidadari yang entah dari mana asalnya.

Tiba-tiba datang temanku yang bermuka tak tampan, tak buruk wajah, tetapi bisa dibilang pas-pasan. Dia berkata dan menepuk bahuku. BRO….KENAPA LU NGOMONG SENDIRI SEPERTI KESURUPAN???
jawabku, kepala lu peyang, Lu ngak lihat ini ada gadis cantik seperti bidadari!!!.
Ku arahkan jari telunjukku kesampingku, untuk memperkenalkan gadis itu. Pada saat itu juga dia menghilang tanpa pamit, tanpa kusadari dan tanpa uang jajan.
Ternyata oh ternyata,, dia bukan hantu dan bukan manusia, tetapi hanya teman imajinasiku yang terlalu tinggi. Mungkin itu karena aku terlalu kesepian dan sudah terlalu lama menjomblo…

Saturday, February 16, 2019

3 Pemuda Hebat ini Berasal dari Kalimantan Tengah


Barendeng Manulis : Sebuah Komunitas Literasi  Generasi Muda Kalimantan Tengah
Memiliki Tujuan mengembangan Minat membaca dan Menulis Pemuda di Kalimantan Tengah.
Penulis : Afrelan Sius S. (afrelan18@gmail.com).

Eva Aprilia, itu namanya seorang wanita pendiri atau yang menggagas berdirinya komunitas ini. Berasal dari daerah Kal-Teng dan juga merupakan seorang mantan  Duta Bahasa Provinsi Kal-Teng. Dia menamai komunitas itu barendeng manulis yang berasal dari bahasa Dayak Ngaju artinya sadar menulis.

Sabtu, 16 Februari 2019 di aula Betang Eka Tingang Nganderang (Jl. D.I Panjaitan Palangka Raya). Waktu dan tempat tersebut menjadi saksi bisu acara Talk Show and Launching komunitas ini.
Dalam acara tersebut hadir 3 Narasumber yang memiliki pengalaman luar biasa yang semuanya bermula dari literasi (kemampuan membaca dan menulis) yang tinggi. Berikut ini saya bagikan beberapa pengalaman mereka yaitu:

Narasumber pertama, Eva Aprilia seorang penulis buku “Testimoni Harmoni” dan juga sekaligus penggagas ide komunitas ini. Dia telah berhasil menerbitkan bukunya tersebut dengan cetakan pertama semua terjual habis dalam jangka waktu 3 hari “ungkapnya saat acara berlangsung”.

Narasumber kedua, Dedi Ariaban seorang mantan Duta Bahasa Provinsi Kal-Teng. Pemuda yang berasal dari desa yang di sebuah kabupaten Gunung Mas ini, berhasil menempuh dunia pendidikan 
S-2 di Inggris melalui beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) dan sebelumnya juga pernah mengikuti  pertukaran pemuda di Amerika  Serikat selama sebulan.


Sumber gambar : Dokumentasi penulis (Dedi Ariaban saat presentasi)

Narasumber ketiga, Ahmad Safari seorang mahasiswa pendiri komunitas Betang Muda Peduli dan sekaligus delegasi Kal-Teng dalam Kapal Pemuda Nusantara 2018.

Untuk mencapai prestasi tersebut mereka sepakat pastinya membutuhkan sebuah proses yang berat dan panjang. Dalam proses tersebut mereka semua rajin membaca berbagai buku baik fiksi maupun ilmiah dan menulis. 
Kegagalan demi kegagalan juga sering menghampiri mereka, namun karena mereka mencintai proses itu maka mereka tidak putus asa. Pada akhirnya mereka dapat menjadi seperti sekarang ini dengan berbagai prestasi yang luar biasa.

Ada beberapa catatan penting yang penulis dapat dari acara tersebut,yaitu:
1. Dengan membaca kita menambah wawasan, dan membuka jendela dunia.
2. Dengan menulis kita membagikan pengetahuan kepada  orang lain.
3. Dengan menulis kita juga dikenal oranng lain, dan mengabadikan kenangan yang kita punya.
4. Untuk memulai kata-kata dalam menulis maupun merangkai kata demi kata membutuhkan banyak bahan bacaan , sehingga tidak punya alasan, jika kita tidak membaca.
5. Point tambahan, ini disampikan oleh narasumber yang lulus beasiswa LPDP (Dedi Ariaban), Dalam menulis sebuah motivation statement untuk melamar beasiswa, kuncinya agar lulus adalah promosikan diri anda dengan tepat. Tunjukkan bahwa anda adalah orang yang layak menerima beasiswa tersebut.

 Sampai disini dulu tulisan kegiatan saya.
Terima kasih

Wednesday, January 30, 2019

Cara Menarik Minat Membaca Mahasiswa UPR : Pihak UPT Perpustakaan UPR Melakukan Hal Ini.

Diawal tahun 2019 ini, penulis ingin berbagi kabar baik bagi kalian semua mahasiswa UPR.
Apa itu ???
HADIAH....
Tapi penulis tidak tahu hadiah penghargaannya apa. Lihat saja spanduk dibawah ini.

Sumber gambar : Dokumentasi penulis di lantai 2 Perpustakaan UPR.

Penulis sebelumnya pernah menulis keadaan perpustakaan UPR yang sebelumnya yang menurut penulis  menyebabkan minat membaca mahasiswa UPR berkurang. Baca disini


Namun, kali ini penulis mengapresiasi inovasi Manajemen Perpustakaan UPR ini.
Karena dengan adanya spanduk tersebut, pasti akan menambah minat membaca mahasiswa termasuk penulis yang sebelumnya sudah vacum selama 3 bulan tidak menginjakkan kaki di perpustakaan ini, karena keadaan sebelumnya yang pernah  penulis kritik. 

Prinsip penulis adalah yang kurang baik wajib dievaluasi dan yang baik wajib diapresiasi.
Dengan semakin baiknya segala pegelolaan sarana dan prasarana kampus ini, dapat menunjang peningkatan kualitas SDM yang ada di UPR ini.
Sehingga akhirnya jargon bapak rektor UPR (DR. Andrie Elia, SE.,MSi) dapat terwujudkan.

UPR JAYA RAYA....
UPR JAYA RAYA....

Sumber gambar : Dokumentasi penulis di ruang sirkulasi B

Tetapi sebelum teman-teman mahasiswa ke perpustakaan ini harap mematuhi peraturan berikut ini ya (Lihat gambar)...
Sumber gambar : Dokumentasi penulis di depan ruang sirkulasi B Perpustakaan UPR.

Kesimpulannya sekarang adalah penulis mengajak semua mahasiswa UPR untuk rajin membaca, karena dengan membaca kita telah menambah wawasan terkait ilmu yang kita sukai. Dan UPT Perpustakaan UPR telah memberikan akses untuk itu. Akses tersebut berupa buku-buku yang layak dibaca,banyaknya varian buku-buku yang ada, inovasi dengan cara memberikan penghargaan, dan lain sebagainya. Dan penulis mengajak kalian semua untuk berlomba mendapatkan penghargaan tersebut. 
Penulis berjanji siapapun pemenangnya akan saya masukkan kedalam tulisan saya selajutnya (Jika bersedia saya publikasikan profilnya). 

Sampai disini dulu ya teman-teman tulisan ini, atas segala kesalahan penulis dalam sharingnya, penulis memohon maaf. Terima Kasih.



Tuesday, January 22, 2019

ARTI PEMIMPIN & KEPEMIMPINAN


Kali ini penulis, berbagi  pengetahuan tentang apa itu  pemimpin dan kepemimpin, tugas pemimpin, ciri-ciri seorang pemimpin, dan yang terpenting itu bagaimana menjadi pemimipin sejati artinya bukan asal jadi pemimpin.

Kenapa penulis berbagi ilmu  tentang ini, karena setiap orang dalam hidupnya pasti akan pernah  menjadi pemimpin. Jika laki-laki minimal jadi pemimpin rumah tangga dan perempuan minimal jadi pemimpin anak-anaknya. Dan tidak semua orang dapat memimpin bagaimana layaknya seorang pemimpin. Oleh sebab itu, agar sukses jadi pemimpin maka sebaiknya penuhilah ciri-ciri seorang pemimipin dan bagaimana menjadi seorang pemimipin sejati berikut ini.

Dalam bahasa Indonesia  pemimpin” sering disebut penghulu, pemuka, pelopor, pembina, panutan, pembimbing, pengurus, penggerak, ketua, kepala, penuntun, raja, tua-tua dan sebagainya. Sedangkan istilah memimpin digunakan dalam konteks hasil penggunaan peran seseorang berkaitan dengan kemampuannya mempengaruhi orang lain dengan berbagai cara. Jadi, Seorang pemimpin harus dapat mempegaruhi orang lain untuk mencapai tujuan tertentu.
Untuk istilah kepemimpinan  pada dasarnya berhubungan dengan keterampilan, kecakapan, dan tingkat pengaruh yang dimiliki seseorang. Namun, tidak jarang juga kepemimpinan itu dimiliki oleh orang yang tidak memiliki kecakapan dalam “memimpin”. Hal ini bisa terjadi karena kesalahan sistem dalam memilih pemimipin atau alasan lainnya. Oleh sebab itu, terkadang tujuan bersama yang telah dibuat bisa tidak tercapai akibat ketidakcakapan si pemimpin.
Pemimpin dalam bahasa inggris disebut “leader”, yang memiliki tugas untuk me;-lead anggota disekitarnya. Sedangkan makna lead:
loyalty    : pemimpin harus mampu membangkitkan kesetiaan rekan kerjanya dan memberikan kesetiaan dalam kebaikan.
Educate     : Pemimpin harus mampu mengedukasi rekan-rekannya dan mewariskanya ke anggota-anggotanya.
Advise      : memberikan saran dan nasehat dari permasalahan yang ada.
Discipline :  memberikan keteladanan dalam setiap aktivitasnya.

Tugas Pemimpin
Menurut James A.F Stonen, tugas utama seorang pemimpin adalah:
1.      Pemimpin bekerja dengan orang lain
2.      Pemimpin adalah tanggung jawab dan mempertanggungjawabkan (akuntabilitas)
3.      Pemimpin menyeimbangkan pencapaian tujuan dan prioritas
4.      Pemimpin harus berpikir analitis dan konseptual
5.      Pemimpin adalah forcing mediator atau harus dapat menjadi mediator (penengah)
6.      Pemimpin adalah politisi dan diplomat.
7.      Pemimpin membuat keputusan yang sulit atau harus dapat memecahkan masalah.
Melihat tugas pemimpin menurut ahli  James A.F Stonen tersebut lumayan banyak dan pasti melelahkan bukan?
Menurut  penulis, ya... melelahkan…
 Tapi jika kalian sudah menyatakan diri siap jadi pemimpin, maka harus mampu melaksanakan tugas tersebut, agar tujuan organisasi /perusahaan kita dapat tercapai dengan sukses.
Ketika suatu tujuan awal organisasi/perusahaan tidak tercapai, pada umumnya pemimpinnyalah yang dinyatakan salah atau  tidak mampu memimpim. Contoh, perusahaan X tidak ada perkembangan, atau suatu organisasi diam ditempat/tidak ada kemajuan dari kepemimpinan sebelumnya.  Jadi, jika ingin jadi pemimpin harus bisa sadar arti pentingnyatanggung jawab anda sebagai pemimpin, seperti tulisan penulis sebelumnya.

Kriteria (ciri-ciri) pemimpim….
Pengaruh       : seorang pemimpin adalah seorang yang memiliki orang-orang yang mendukungnya yang turut membesarkan nama sang pimpinan. Pengaruh ini menjadikan sang pemimpin mau diikuti dan membuat orang lain mau menuruti pemimpin. John C. Maxwell, dalam buku kepemimpinannya berkata: Leadership is influence (kepemimpinan adalah soal pengaruh).
Kekuasaan     : seorang pemimpin pasti memiliki pendukung. Keberadaan pendukung inilah  yang menyebabkan dia memiliki kekuasaan terhadap orang yang menghargai/mendukungnya.
Wewenang     : Setiap pemimpin pasti memiliki hak untuk membuat suatu kebijakan. Wewenang ini dapat dialihkan kepada bawahannnya yang dipercayakan pemimpin bahwa anggotanya mampu menyelesaikan tugas tersebut dengan baik dan tanpa harus ada campur tangan pemimipin.
Pengikut         :  Tanpa ada pengikut/anggota tidak akan mungkin ada seorang pemimpin. Maka kedua hal ini tidak dapat dipisahkan dan saling berdiri sendiri.

Pemimpin Sejati….
4 kriteria Pemimpin sejati, sebagai berikut :
Visioner, Punya tujuan pasti dan jelas serta tahu kemana akan membawa para anggota/pengikutnya. Sama seperti setiap orang harus punya tujuan hidup. Tujuan hidup itu akan berubah jadi poros hidup, sehingga dia dapat melangkah dengan pasti. Jadi, pemimpin sejati harus dapat memberikan gambaran arah tujuan organisasinya dan cara-cara mencapai tujuan tersebut.
Sukses bersama, membawa sebanyak mungkin pengikutnya untuk sukses bersamanya. Seorang pemimpin tidak boleh hanya mementingkan keuntungan pribadi dengan menjadi pemimpin organisasinya, agar anggotanya tetap mau diajak untuk bekerja sama.
Mau terus menerus belajar dan diajar (teachable and learn continuous) , Seorang pemimpin akan terus belajar baik dari bawahan, pengalaman sendiri maupun pengalaman orang lain. Karena ilmu itu tidak terbatas dan akan selalu ada ilmu yang baru.  Pemimpin juga perlu memperlengkapi diri dengan buku-buku yang bermutu untuk meningkatkan keterampilan kepemimpinannya.
Mempersiapkan calon-calon pemimpin masa depan, pemimpin sejati bukanlah orang yang hanya menikmati dan melaksanakan kepemimpinanya seorang diri. Karena estafet kepemimpinan pasti akan terjadi dan perlu disiapkan keterampilan memimpin bagi generasi berikutnya. Pemimpin sejati dapat dikatakan sukses, jika dia mampu menelorkan pemimpin-pemimpin berkualitas lainnya.

Referensi :
Bidang kemahasiswaaan dan alumni UPR. 2017. Term of  Reference (TOR) Kegiatan pendidikan karakter bagi mahasiswa universitas palangka raya

Monday, January 14, 2019

Sadar Arti Pentingnya Tanggung Jawab….


Menjadi seseorang yang bertanggung jawab (responsible) adalah suatu sifat yang selayaknya dimiliki oleh semua orang bukan hanya pemimpin. Namun tidak bisa dipungkiri, tidak akan semua orang memiliki rasa tanggung jawab. Untuk membentuk rasa tanggung jawab seseorang harus dimulai dari diri sendiri. Sebanyak apapun dorongan yang diberikan orang lain tanpa adanya motivasi dari diri sendiri tidak akan berhasil untuk membuat seseorang bertanggung jawab.


Tetapi untuk seorang pemimpin sifat bertanggung jawab adalah hal mutlak yang harus dimilikinya.

Saya menuliskan ini adalah untuk memberitahukan kepada pembaca apa yang telah anda kerjakan, apa yang telah anda mulai harus dapat anda pertanggung jawabkan. Mengutip kata-kata seorang demisioner Gubernur BEM FEB UPR dalam kata sambutannya dalam pelantikan Pengurus BEM 2018/2019 yaitu :
Mulai dengan kuat, akhiri dengan hebat.
saya mengartikan kutipan diatas adalah sebagai sebuah pesan pengantar untuk menyadarkan kita agar setiap orang memiliki rasa tangungg jawab, agar apa yang telah kita mulai dan kerjakan harus dapat kita selesaikan dengan hasil yang semaksimal mungkin.


Thursday, January 10, 2019

Soal dan Jawaban Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)


           1.Jelaskan pengertian MSDM!
   Jawab : 

MSDM adalah suatu bidang manajemen yang mempelajari hubungan dan peranan manusia dalam organisasi/perusahaan. MSDM dapat juga diartikan suatu proses pemanfaatan SDM secara efektif dan efisien melalui kegiatan perencanaan, penggerakan dan pegendalian semua nilai yang menjadi kekuatan manusia untuk mencapai tujuan. Sedangkan  menurut Barry Cushway (1994:6) MSDM didefinisikan sebagai rangkaian strategi, proses dan aktivitas yang didesain untuk menunjang tujuan perusahaan dengan cara mengintegrasikan kebutuhan perusahaan dan individu. Fokus MSDM adalah terkait dengan tenaga kerja manusia.

2.      Sebutkan dan jelaskan 3 prinsip dasar dalam menegelola SDM!
    Jawab : Pertama,. SDM adalah aset yang paling berharga dan paling penting dimiliki oleh satu organisasi/perusahaan, karena keberhasilan perusahaan sangan ditnetukan oleh unsur manusia. Manusia adalah perencana, pelaksana , dan sekaligus pengendali terwujudnya tujuan perusahaan.
   Kedua, keberhasilan itu sangat mungkin dicapai, jika kebijaksanaan prosedur dan peraturan yang berkaaitan dengan manusia dari perusahaan salinng berhubungan dan menguntungkan semua pihak yang terlibat dalam perusahaan, baik itu pihak internal maupun pihak eksternal perusahaan.
   Ketiga, budaya dan nilai perusahaan serta perilaku manajerial yang berasal dari budaya tersebut akan memberikan pengaruh besar terhadap pencapaian hasil terbaik. Oleh sebab itu, budaya perusahaan dan etos kerja harus ditegakkan secara terus-menerus oleh semua pucuk pimpinan dan jajarannya serta semua karyawan yang ada dalam perusahan.

3.      Apa tujuan MSDM?
   Jawab : Tujuan pasti dari satu organisasi/perusahaan dengan organisasi lainnya pasti bervariasi, tergantung tingkat perkembangan organisasi itu sendiri juga.  Sedangkan menurut Barry cushway tujuan MSDM adalah sebagai berikut :
1.      Memberikan saran kepada manajemen tentang kebijakan SDM guna memastikan organisasi memiliki tenaga kerja yang bermotivasi tinggi dan bberkinerja tinggi serta dilengkapi dengan saran untuk menghadapi perubahan.
2.      Memelihara dan melaksanakan kebijakan dan prosedur SDM untuk mencapai tujuan organisasi.
3.      Mengatasi krisis dan situai sulit dalam hubungan antar pegawai agar tidak adanya gangguan dalam mencapai tujuan organisasi.
4.      Menyediakan sarana komunikasi antar karyawan dengan manajemen organisasi.
5.      Membantu perkembangan arah dan strategi organisasi secara keseluruhan, dengan memperhatikan segi-segi SDM.
6.      Menyediakan bantuan dan menciptakan kondisi yang dapat membantu manajer lini dalam mencapai tujuan.

4.Sebutkan masalah/tantangan internal dan masalah eksternal MSDM!
 Masalah internal : - Karakter organisasi/perusahaan
                               - Serikat pekerja
                               - Sistem informasi
                               - Perbedaan individu karyawan dan sistem nilai
                               - Produktivitas SDM 
Tantangan eksternal sbb : - Teknologi
-    Ekonomi
-    Situasi politik dan pemerintah
-    Sosial budaya
-    Demografis dan geografis
-    Kondisi pasar tenga kerja
-    Para pesaing
-    Globalisasi
-    Perubahan-perubahan yang lain yang tidak terduga.

5.   Sebutkan dan jelaskan fungsi operasional MSDM!
1.            Pengadaan SDM (procurement) ,
adalah kegiatan memperoleh SDM yang tepat baik dari segi kuantitis maupun kualitas yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan perusahaan.
2.            Pengembangan SDM.
 Setelah karyawan diperoleh, mereka baru dikembangkan untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan dan sikap melalui program latihan dan pengembangan (training and development program) agar dapat menjalankan tugas dengan baik.
3.            Pemberian kompensasi atau balas jasa.
Fungsi balas jasa diantikan sebagai pemberian penghargaan lansung dan tidak langsung, baik dalam bentuk material maupun non materialyang adil dan layak kepada karyawan atas kontribusi mereka dalam pencapaian tujuan perusahaan.
4.            Pengintegrasian karyawan.
Fungsi pengintegrasian berusaha untuk memperoleh keamanan kepentingan individu karyawan, perusahaan dan mayarakat. Pengintegrasian ini juga berupaya meningkatkan sikap solidaritas/loyalitas sesama pekerja.
5.            Pemeliharaan karyawan.
Fungsi pemelihaharaan karyawan berkaitan degan usaha-usaha untuk mempertahankan kesinambugan dari keadaan yang telah dicapai melalui fungsi sebelumnya.contoh pemelihaan kondisi fisik karyawan adalah program K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) dan program pelayan jaminan sosial tenaga kerja.
PHK (Pemutusan Hubungan Kerja).
PHK dapat berupa pemecatan/pemberhentian secara hormat maupun secara tidak hormat. PHK secara hormat biasanya adalah karena pensiun. Sedangkan PHK secara tidak hormat biasanya terjadi karena kesalahan besar karyawan atau kurang disiplinnya SDM atau karyawan yang diterima tidak sesuai harapan perusahaan.


Referensi:
I Komang Ardana, Dkk. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Denpasar:Graha Ilmu